TRANSLATOR

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Recent Coments

Recent Post

Random Ayat

Kamis, 23 April 2009

Khilafah (edisi-1)

Berikut adalah sekilas deretan sejarah ke khalifahan dalam dunia Islam, speninggal Rasulullah.
Bersumber dari Prof. Karen Amstrong PhD, dalam buku “Islam secara Singkat”.
Gambaran dari seorang akademikus, seorang monotheis, tapi a-religi.
Dengan harapan dapat melihat perspektif lebih “adil” terhadap kemungkinan perbedaan penafsiran sejarah yg mungkin berbeda-beda, krn penafsiran yg sudah didasari oleh suatu klaim politik sebemumnya.
==

Sepeninggal Rasulullah pada tahun 632M, Abubakar terpilih sebagai khalifah I, selama 2 tahun (632-634 M) melakukan perang Riddah melawan suku yg melakukan pemberontakan, munculnya nabi-nabi palsu, serta keinginan tidak taat pada tata aturan yg sdh ditetapkan oleh Rasulullah sebelumnya .
Dan beliau berhasil mengatasi pemberontakan2 itu.

Menyusul wafatnya Abubakar ra, terpilih Umar bin Khatab ra sebagai khalifah, selama 10 tahun berkuasa (634-644 M). Wilayah muslim meluas ke Iraq, Syiria, dan Mesir. Bahkan Yerussalem Palestina pada 638 M, menundukkan 2 kekuasaan Kekaisaran Persia dan Romawi Timur diseputar jazirah arab. Umar terbunuh oleh seorang mantan tahanan Persia 644 M.

Usman bin Affan ra terpilih sebagai khalifah ke-3, selama 12 tahun (644-656M), kaum muslimin membebaskan wilayah-wilayah Syprus, Tripoli (Lybia) Afrika Utara. Memberlakukan hukum Islam pada wilayah muslim, dan tetap melindungi non-muslim.
Tahun 656 Khalifah Usman ra terbunuh oleh seorang muslim yg berkhianat.

Tahun 656 M Ali bin Abu Thalib ra terpilih sbg khalifah ke 4, konflik internal muslim mulai menajam. Berkuasa efektif selama 4 tahun (656-660 M), terjadi perang sipil dalam kalangan kaum muslimin. Tahun pengangkatan itu pula terjadi Perang Unta, dimana Aisyah ra, Talhah dan Zubair memimpin pemborantakan melawan Ali, dengan alasan utama, khalifahn tidak membalas demdam atas meninggalnya Usman, mereka berhasil dikalahkan pengikut Ali ra. Di Syiria kaum oposisi melakukan perlawanan, dipimpin oleh Muawiyah bin Abu Sufyan.

Tahun 657 M antara kaum Muslimin mengusahakan perdamaian utk kedua belah fihak yg berperang di Shiffin; ketika upaya damai berlangsung, Muawiyah memproklamirkan diri sbg khalifah di Yerussalem. Kaum khawarij melepaskan diri dari Ali ra.
Tahun 661 M, seorang khawarij membunuh Ali ra., pengikut2 Ali ra memproklamirkan Hasan bin Ali ra (putrra mendiang khalifah Ali ra) sebagai khalifah berikutnya.
Tetapi Hasan memilih berdamai dan mengadakan perjanjian dengan Muawiyah, dan Hasan pensiun di Madinah (Hasan wafat di Madinah thn 669 M).
Dengan meninggalnya khalifah Ali bin Abu Thalib, generasi pertama sistem kekhalifahan Islam berdasarkan Pilihan kesepakatan (demokratis, mayoritas tetapi tidak mbulat), maka berakhirlah periode "khulafaur rasyidin".

Selama 19 tahun (661-680 M), Muawiyah berkuasa sebagai khalifah dan sekaligus mendirikan kekhalifahan dinasti (berdasarkan kerturunan) Umayyah, dan memindahkan Ibukota kekhalifahan dari Madinah ke Damaskus.

Sepeninggal Muawiyah 680 M, kekuasaan kekhalifahan di lanjutkan oleh putranya Yazid bin Muawiyah, dia berkuasa selam 3 tahun (680-683M).

Tahun 680-682 M terjadi perang sipil (saudara) dalam kalangan kaum muslimin, kaum muslim Kufah yg menyebut dirinya sbg Syiah Ali (partai Ali) menyatakan bahwa Husain bin Ali ra, sebagai khalifah. Husain keluar dari Madinah ke Kufah dengan pasukan kecilnya dan di bunuh di dataran Karbala oleh pasukan Yazid.
Sementara itu di Madinah terjadi pemberontakan terhadap Yazid dipimpin oleh Abdullah bin as-Zubair (putra Zubayr ra- yg memberontak bersamaan dulu dengan Aisyah ra), Abdullah in Zubayir sempat mendapatkan pengakuan sbg khalifah terbatas (isolatif) di wilayah Madinah.

Tahun 683 M, Yazid I (Yazid bin Muawiyah)meninggal disusul anak laki-lakinya yg masih bayi.
Penobatan Marwan I, keturunan Umayyah yg lain (sepupu Muawiyah) menuntut kedudukan khalifah, mendapat dukungan dari orang-orang Syiria.

Tahun 684 M, khawarij memberontak melawan dinasti Umayyah, mendirikan Negara bebas di Arab Tengah. Pemberontakan Khwarij di Iraq dan Iran. Perlawanan syiah di Kufah.

Tahun 685 - 705M, Khalifah Abdul al –Malik bin Marwan berhasil mengatasi restorasi pendudukan dinasti Umayyah. 12 tahun pemerintahannya agak tenang dan makmur.
Tahun 691 M, kekuatan Umayyah mengalahkan khawarij dan pemberintakan Syiah.
Tahun 692 M, mereka berhasil mengalahkan kekuatan dan membunuh Ibn as-Zubayr.
Gerakan-gerakan keagamaan mulai berkembang dalam mengkampanyekan kembali kepada penerapan Al Quran alam kehidupan pribadi dan umum yg penuh konflik itu.

Tahun 705-715 M Khalifah Al Walid, pasukan muslim meneruskan perjalanannya ke Afrika Utara dan mendirikan kekuatan imperium Islam di Spanyol.

Tahun 717-720 M Khalifah Umar II (Umar bin Abdul Azis), menerapakan ajaran moral Islam yg cukup ideal khususnya pd dirinya, beliau sangat saleh dan berusaha mencontoh pribadi dan kesalehan 4 khalifah pertama. Beliau juga mendorong scr moral agar penduduk non muslim diwilayah Islam agar masuk Islam (dan tidak perlu membayar pajak jizyah), tetapi semua (kafir zimmi) dalam perlindungan Islam.

Tahun 720-724 M, Khalifah Yazid II, penguasa kejam. Makin banyak kaum Khawarij dan Syiah yg tidak setuju dengan dinasti Umayyah.
Tahun 724-743 M, Khalifah Hisyam I, penguasa cukup saleh tetapi lebih otokratis.
Tahun 743-744 M Faksi Abbasyiah mulai mengumpulkan dukungan melawan dinasti Umayyah di Iran, berjuang dibawah bendera Syiah.

Tahun 743 M, Khalifah Walid II berkuasa.
Tahun 744-749 M, Marwan II, menangkap khalifah Walid II, kembali melakukan restorasi (yg terlambat) dari dinasti Umayyah, dan melawan pemberontakan, dengan dukungan kekuatan orang-orang Syiria, khususnya melawan pemberontakan Syiah.

Tahun 749 M Klan Abbasyiah menaklukkan Kufah dan mengalahkan Umayyah.
Tahun 750 – 754 M, Khalifah Abu al_abbas as-Saffah, khalifah dinasti Abbasyiah yang pertama, membantai semua keluarga Umayyah. Sekaligus menghadirkan dinasti ke khalifahan yang ke dua dalam dunia kaum muslimin.

0 komentar:

Posting Komentar